Kamis, 15 November 2012

TARI MODERN


1 . JENIS DAN PERAN TARI MODERN

   a.   PENGERTIAN TARI MODERN
Modern dance, atau dalam Bahasa Indonesia berarti tari modern, adalah suatu bentuk tarian yang terbentuk dan berkembang sejak dari awal abad 20 (Horosko,2002.P.1). Di beberapa tempat yang belum begitu mengenal tari modern seperti di Indonesia, ballroom dance serta concert dance juga masih dianggap sebagai bagian dari tari modern ini. Namun apabila dilihat dari latar belakang sejarah, tari modern ini sebenarnya dipelopori oleh penari-penari dari Amerika Serikat, serta penari-penari di beberapa negara di Eropa Barat yang “memberontak” terhadap ballet dance serta classical dance yang sedang booming saat itu.
Beberapa penari yang paling terkenal dengan aksinya saat itu adalah Loie Fuller, Isadora Duncan and Ruth St. Denis.Aksi mereka dilandasi dengan factor kelemahan dari ballet dan classical dance sendiri, yaitu diperlukannya perlengkapan khusus selain musik, seperti kostum, sepatu tari, serta bahkan tata rias yang tebal.Beberapa dari perlengkapan tersebut tidak mampu dimiliki oleh orang-orang biasa dengan latar ekonomi yang rendah, yang juga punya ketertarikan besar untuk menari. Oleh sebab itu ketiga penari tersebut kemudian menciptakan suatu free dance yang  kemudian dikenal dengan cikal bakal dari tari modern (Horosko,2002.P.1).
Tari modern adalah bentuk tarian yang dikembangkan pada awal abad ke-20.Meskipun istilah tari modern juga telah diterapkan pada kategori ballroom 20th Century tarian, tari modern sebagai istilah yang biasanya mengacu pada abad ke-20 konser tarian.
Tari modern adalah salah satu genre yang paling sulit untuk mendefinisikan dengan teknik.Modern tidak selalu cepat atau lambat atau dilakukan untuk musik tertentu, atau musik apapun.Itu tidak selalu menyorot keterampilan fisik tertentu atau bercerita.Hal ini belum tentu apa-apa.Dan itu dapat mencakup semuanya.Ini bagus dan besar dari sudut pandang banyak koreografer dan penari karena dalam teori itu memberi mereka kemungkinan tak terbatas untuk bermain dengan.
Asal
 
Pada awal 1900-an penari Amerika Isadora Duncan dan Ruth St Denis dan penari Jerman Maria Wigman mulai memberontak terhadap batasan-batasan yang kaku Ballet Klasik. Shedding kontrol otoriter sekitarnya teknik balet klasik, kostum, dan sepatu, awal ini perintis tari modern berfokus pada diri-ekspresi kreatif, bukan pada keahlian teknis. Tari modern yang lebih santai, gaya bebas di mana koreografer tarian menggunakan emosi dan suasana hati untuk merancang langkah-langkah mereka sendiri, berlawanan dengan kode terstruktur balet yang langkah. Memiliki penggunaan yang disengaja gravitasi, sedangkan balet berusaha untuk menjadi terang dan lapang.

Eropa 
Di Eropa, Maria Wigman, Francois Delsarte, Émile Jaques-Dalcroze, dan Rudolf von Laban mengembangkan teori pergerakan manusia dan ekspresi, dan metode pengajaran yang mengarah pada perkembangan Eropa ekspresionis modern dan tarian. Teori-teori dan teknik mereka menyebar baik di luar Eropa untuk mempengaruhi perkembangan tari modern dan teater melalui siswa dan murid-murid mereka, dan generasi berikutnya guru dan penyanyi membawa teori-teori dan metode ke Rusia, Amerika Serikat dan Kanada, Inggris, Australia dan New Selandia.

  b.  Sejarah

* 1891 - Loie Fuller (rok penari yang bersifat olok-olok) mulai bereksperimen dengan efek pencahayaan gas telah di sutra kostum. Fuller mengembangkan sebuah bentuk gerakan alam dan improvisasi teknik yang digunakan dalam hubungannya dengan pencahayaan revolusioner peralatan dan kostum transparan sutra.Dia dipatenkan dengan aparat dan metode pencahayaan panggung yang mencakup penggunaan gel berwarna dan pembakaran bahan kimia untuk pendaran, dan juga dipatenkan nya sutra tebal kostum panggung.

* 1903 - Isadora Duncan mengembangkan teknik tari dipengaruhi oleh filsafat dari Friedrich Nietzsche [rujukan?] Dan keyakinan bahwa tarian Yunani kuno [rujukan?] (Alam dan bebas) adalah tarian masa depan. Duncan mengembangkan filsafat tari didasarkan pada konsep alam dan spiritual dan menganjurkan untuk penerimaan tari murni sebagai seni tinggi.

* 1905 - Ruth St Denis, dipengaruhi oleh aktor Sarah Bernhardt dan Jepang Sadha penari Yacco, mengembangkan terjemahan nya kebudayaan dan mitologi India. Pertunjukan nya dengan cepat menjadi populer dan ia mengunjungi sementara secara ekstensif meneliti budaya dan seni Oriental.

Fuller, Duncan dan St Denis mencari semua melakukan tur Eropa yang lebih luas dan lebih menerima penonton untuk pekerjaan mereka.Ruth St Denis kembali ke Amerika Serikat untuk melanjutkan pekerjaannya. Isadora Duncan kembali ke Amerika Serikat pada berbagai titik dalam hidupnya, tetapi pekerjaannya tidak terlalu baik diterima di sana. Dia kembali ke Eropa dan meninggal di Paris pada tahun 1927.Fuller kerja juga mendapat dukungan kecil di luar Eropa.
Awal tari modern
Pada tahun 1915, Ruth St Denis Dorthy mendirikan sekolah dan menari Denishawn perusahaan dengan suaminya Ted Shawn.Sementara St Denis bertanggung jawab atas sebagian besar karya kreatif, Shawn bertanggung jawab untuk mengajar teknik dan komposisi. Martha Graham, Doris Humphrey, dan Charles Weidman semua murid di sekolah dan anggota perusahaan dansa.

* 1923 Graham daun Denishawn untuk bekerja sebagai artis solo di Greenwich Village Follies.
* 1928 Humphrey dan Weidman meninggalkan Denishawn untuk mendirikan sekolah mereka sendiri dan perusahaan (Humphrey-Weidman).
* 1933 Shawn nya semua laki-laki mendirikan kelompok tari Ted Shawn and His Men Penari berbasis di Jacob's Pillow peternakan di Lee, Massachusetts.

Setelah shedding teknik dan metode komposisi guru-guru mereka penari modern awal mengembangkan metode mereka sendiri dan ideologi dan teknik tari yang menjadi dasar bagi praktik tari modern.

* Martha Graham (dan Louis Horst)

* Doris Humphrey dan Charles Weidman dan Martha Graham

* Helen Tamiris - awalnya dilatih dalam pergerakan bebas (Irene Lewisohn) dan balet (Michel Fokine) Tamiris belajar sebentar dengan Isadora Duncan tetapi tidak menyukai penekanan pada ekspresi pribadi dan gerakan liris. Tamiris percaya bahwa setiap tari harus membuat ekspresif sendiri dan dengan demikian berarti tidak mengembangkan gaya individu atau teknik. Sebagai koreografer Tamiris membuat karya berdasarkan tema-tema Amerika bekerja di kedua konser musik tari dan teater.

* Lester Horton - memilih untuk bekerja di California (tiga ribu mil jauhnya dari pusat tari modern - New York), Horton mengembangkan pendekatan sendiri yang menggabungkan unsur-unsur beragam termasuk penduduk asli Amerika Jazz tarian dan modern.Horton's dance technique (Lester Horton Technique) menekankan pendekatan seluruh tubuh termasuk; fleksibilitas, kekuatan, koordinasi, dan kesadaran tubuh untuk mengizinkan kebebasan berekspresi.

* Ted Shawn (Eropa ekspresionis modern dan tari)
* Émile Jaques-Dalcroze (Eurhythmics)
* Rudolf Laban
* Kurt Jooss
* Mary Wigman
* Harald Kreutzberg

Amerika popularisasi Modern Dance
Pada tahun 1927 surat kabar secara teratur mulai menugaskan para kritikus tari, seperti Walter Terry, dan Edwin Denby, yang mendekati penampilan dari sudut pandang sebuah gerakan spesialis bukan sebagai reviewer musik atau drama. Pendidik diterima tari modern ke dalam kurikulum perguruan tinggi dan universitas, pertama sebagai bagian dari pendidikan jasmani, maka sebagai seni pertunjukan.Banyak perguruan tinggi guru yang dilatih di Bennington Summer School of the Dance, yang didirikan di Bennington College di tahun 1934.

Dari program Bennington, Agnes de Mille menulis, "... ada percampuran yang baik dari semua jenis seniman, musisi, dan perancang, dan kedua, karena semua mereka yang bertanggung jawab untuk pemesanan rangkaian konser perguruan tinggi di seluruh benua itu berkumpul di sana. ... bebas dari striktur membatasi dari tiga besar pengurus monopoli, yang mendesak untuk preferensi klien mereka di Eropa. Sebagai akibatnya, untuk pertama kalinya Amerika penari disewa untuk wisata nasional Amerika, dan ini menandai awal solvabilitas mereka." (de Mille, 1991, hal 205)

3. JENIS-JENIS TARI MODERN
     Sejalan dengan perkembangannya, tari modern dapat dikategorikan menjadi beberapa macam, antara lain adalah hip-hop dance, concert dance, break dance, R&B dance, freestyle
dance, dan yang terakhir baalroom dance
Berbagai Macam Modern Dance (Pic)
Spoiler for Robot Dance:
The ROBOT DANCE adalah sebuah ilusi gaya tari – sering bingung dengan bermunculan – yang mencoba untuk meniru sebuah menari robot atau manekin. Itu berasal oleh Charles Washington, juga dikenal sebagai “Charles Robot” pada akhir tahun 1960-an , dan memperoleh ketenaran lebih lanjut setelah The Jacksons melakukan tarian ketika mereka tampil Dancing Machine
Spoiler for Blood-Elf Dance:
Ini adalah tarian flexible atau tarian lentur.Ini merupakan Tarian Baru era jaman sekarang.Banyak Anak muda mengikuti tarian ini.
Spoiler for Breakdance:
B-boying atau yg sering disebut sebagai breakdancing, adalah gaya tarian yang berevolusi sebagai bagian dari budaya hip-hop di antara Hitam dan Amerika Latin pemuda di Bronx Selatan, New York City selama tahun 1970-an. menari-nari untuk kedua hip-hop dan genre musik lain yang sering remixed untuk memperpanjang istirahat musik. Satu yang praktek gaya tarian ini disebut b-anak laki-laki, b-gadis, atau breaker. Meskipun “breakdance” adalah istilah umum, “b-boying” dan “melanggar” lebih disukai oleh sebagian besar bentuk seni yang paling menonjol pionir dan praktisi.Spoiler for Moonwalk Dance:
The Moonwalk atau backslide adalah sebuah teknik tarian yang menghadirkan ilusi penari ditarik ke belakang ketika mencoba untuk berjalan maju.Sebuah breakdancing bergerak, itu menjadi populer di seluruh dunia setelah dieksekusi Michael Jackson tarian bergerak selama kinerja “Billie jean “on Motown 25: Kemarin, Hari ini, Forever pada tanggal 25 Maret 1983. Ini kemudian menjadi tanda tangannya bergerak, dan sekarang salah satu yang terbaik teknik tari terkenal di dunia.
Spoiler for (Running Man) Shuffle Dance:

The Running Man(Shuffle Dance) adalah tarian yang berasal dari tahun 1980-an dan akan dilakukan terutama oleh MC Hammer selama konser live show dan video musik, tapi baru mencapai popularitas di tahun 2000-an. Tarian ini diciptakan oleh Paula Abdul sementara ia adalah seorang koreografer bagi Janet Jackson pada akhir ’80-an. The Running Man ini pertama kali dilakukan pada tahun 1987 dan 1988 sebagai bagian dari Control Janet Jackson-tur konser. [Rujukan?]Ia juga digunakan dalam beberapa bentuk tarian Melbourne Shuffle gaya. Terdiri dari langkah hopping atau geser dilakukan sedemikian rupa pada kecepatan untuk mensimulasikan seorang pelari.

Jenis-jenis modern dance

Sejalan dengan perkembangannya, tari modern di Indonesia ini dapat dikategorikan menjadi beberapa macam, antara lain adalah hip-hop dance, concert dance, break dance, R&B dance, freestyle
dance, dan yang terakhir ballroom dance.

Modern dance, atau dalam Bahasa Indonesia berarti tari modern, adalah
suatu bentuk tarian yang terbentuk dan berkembang sejak dari awal abad 20.Di beberapa tempat yang belum begitu mengenal tari
modern seperti di Indonesia, ballroom dance serta concert dance juga masih
dianggap sebagai bagian dari tari modern ini. Namun apabila dilihat dari latar
belakang sejarah, tari modern ini sebenarnya dipelopori oleh penari-penari dari
Amerika Serikat, serta penari-penari di beberapa negara di Eropa Barat yang
“memberontak” terhadap ballet dance serta classical dance yang sedang booming
saat itu.
Beberapa penari yang paling terkenal dengan aksinya saat itu adalah Loie
Fuller, Isadora Duncan and Ruth St. Denis.Aksi mereka dilandasi dengan faktor
kelemahan dari ballet dan classical dance sendiri, yaitu diperlukannya
perlengkapan khusus selain musik, seperti kostum, sepatu tari, serta bahkan tata
rias yang tebal.Beberapa dari perlengkapan tersebut tidak mampu dimiliki oleh
orang-orang biasa dengan latar ekonomi yang rendah, yang juga punya
ketertarikan besar untuk menari. Oleh sebab itu ketiga penari tersebut kemudian
menciptakan suatu free dance yang kemudian dikenal dengan cikal bakal dari tari
modern.

Ballroom dance
Semakin berkembangnya zaman, selera tari orang pun berubah, tarian-tarian pun juga dikembang kan menjadi lebih beragam.
modern dance sekarang terbagi menjadi bermacam-macam.

1. Robot Dance/robottic:
The ROBOT DANCE adalah sebuah ilusi gaya tari ± sering bingung dengan bermunculan ± yangmencoba untuk meniru sebuah menari robot atau manekin. Itu berasal oleh Charles Washington,juga dikenal sebagai ³Charles Robot´ pada akhir tahun 1960-an , dan memperoleh ketenaranlebih lanjut setelah The Jacksons melakukan tarian ketika mereka tampil Dancing Machine.

2. Blood-Elf Dance:Ini adalah tarian flexible atau tarian lentur.Ini merupakan Tarian Baru era jamansekarang.Banyak Anak muda mengikuti tarian ini.
3. Breakdance:
B-boying atau yg sering disebut sebagai breakdancing, adalah gaya tarian yang berevolusisebagai bagian dari budaya hip-hop di antara Hitam dan Amerika Latin pemuda di BronxSelatan, New York City selama tahun 1970-an. menari-nari untuk kedua hip-hop dan genremusik lain yang sering remixed untuk memperpanjang istirahat musik. Satu yang praktek gayatarian ini disebut b-anak laki-laki, b-gadis, atau breaker.Meskipun ³breakdance´ adalahistilah³b-boying´ dan ³melanggar´ lebih disukai oleh sebagian besar bentuk seni yang palingmenonjol pionir dan praktisi.
Toprocks menampilkan gerakan yang membtuhkan fleksibilitas, gaya , dan yang paling penting irama. Tarian ini biasa digunakan pada awal pertunjukkan sebagai pemanasan beberapa gaya akrobatik lain. Dowrock biasanya ditampilan dengan posisi tangan dan kaki pada lantai.
Pada downrock, seorang breaker menampilkan perputaran tubuh dengan kecepatan kaki dan kontrol dengan cara mengkombinasi gerakan kaki. Kombinasi ini akan menampilkan gaya yang disebut power moves;;The windmill adalah gerakan populer daripower move.
Power Move adalah gerakan yang membutuhkan momentum dan kekuatan fisik untuk menjalankannnya. pada power movebreaker lebih bergantung pada kekuatan tubuh bagian atas untuk menari, menggunakan tangan untuk bergerak. Power Move terdiri dari WindmillSwipe, danFlare. Beberapa gerakan meminjam dari bela diri seperti buttertfly kick.
4. Moonwalk Dance:
The Moonwalk atau backslide adalah sebuah teknik tarian yang menghadirkan ilusi penari ditarik ke belakang ketika mencoba untuk berjalan maju.Sebuah breakdancing bergerak, itu menjadipopuler di seluruh dunia setelah dieksekusi Michael Jackson tarian bergerak selama kinerja ³Billie jean ³on Motown 25: Kemarin, Hari ini, Forever pada tanggal 25 Maret 1983. Inikemudian menjadi tanda tangannya bergerak, dan sekarang salah satu yang terbaik teknik tariterkenal di dunia.
5. Sexy dance
Sexy Dance ialah tarian dimana para dancer menari dengan menonjolkan sisi ke-sexy an nya.
6.Hip-Hop adalah sebuah gerakan kebudayaan yang mulai tumbuh sekitar tahun 1970’an yang dikembangkan oleh masyarakat Afro-Amerika dan Latin-Amerika. Hip Hop merupakan perpaduan yang sangat dinamis antara elemen-elemen yang terdiri dari MCing (lebih dikenal rapping), DJing, Breakdance, dan Graffiti. Belakangan ini elemen Hip Hop juga diwarnai oleh beatboxing, fashion, bahasa slang, dan gaya hidup lainnya.
Awalnya pertumbuhan Hip Hop dimulai dari The Bronx di kota New York dan terus berkembang dengan pesat hingga keseluruh dunia. Hip hop pertama kali diperkenalkan oleh seorang Afro-Amerika, Grandmaster Flash dan The Furious Five. Awalnya musik Hip Hop hanya diisi dengan musik dari Disk Jockey dengan membuat fariasi dari putaran disk hingga menghasilkan bunyi-bunyi yang unik. "Rapping" kemudian hadir untuk mengisi vokal dari bunyi-bunyi tersebut. Sedangkan untuk koreografinya, musik tersebut kemudian diisi dengan tarian patah-patah yang dikenal dengan breakdance. Pada perkembangannya Hip Hop juga dianggap sebagai bagian dari seni dan untuk mengekspresikan seni visual muncullah Graffiti sebagai bagaian dari budaya Hip Hop.
Modern Dance:
Tutting adalah jenis tari dimana tubuh modern dan gerakan lengan didasarkan pada sudut matematika dan / atau geometris dan bentuk. Ini gaya tari jalanan juga dikatakan interpretatif di alam dan beberapa gerakan, terutama yang dari lengan, diambil dari hieroglif, tulisan dinding atau kuno Mesir. Gerakan yang terlibat dalam tutting dilakukan untuk meniru berbagai sudut dan bentuk dan ini dilakukan bersama dengan irama musik tertentu atau irama, membuat seluruh tarian rutin agak robot. Pada titik pandang pemirsa, maka akan tampak seperti orang yang melakukan langkah tutting adalah menampilkan berbagai bentuk dan sudut. Beberapa bergerak dari berdecak disebut “King Tut”, yang mungkin berevolusi dari referensi tarian untuk Mesir seni dan Firaun Mesir Tutankhamun
1.  Jenis Tari Modern
• Tari Nasional, adalah puncak-puncak seni tari daerah lain atau kreasi baru yang bernapaskan nasional.
• Tari Internasional, misalnya : balet, tari modern, atau tari bangsa-bangsa lain. Tari bangsa-bangsa lain, seperti: tari Spanyol, tari India, tari Jepang, atau tari kreasi yang bernapaskan internasional.
• Tari Kontemporer, adalah sebuah tarian yang masih bersifat sesaat atau sedang proses dikenalkan pada masyarakat. Maka bentuk kontemporer belum tentu kalau masyarakat pendukungnya mau menerima.
• Tari Modern, adalah suatu jenis tari dunia yang lahir di Amerika, kemudian berkembang ke negara-negara lain.

Tari modern selalu berpijak pada kenyataan duniawi, bertumpu pada kebebasan kreativitas individu, tanpa sepatu guna mendekati kewajaran keindahan kaki, dan pendeknya ke bumi tempat berpijak. Hal ini berbeda dengan balet yang dalam perkembangannya semakin menjauhi tema kenyataan duniawi yang memang sesuai dengan ideal dan teknik tariannya.
 Balet
Seni tari modern bersifat abstrak universal. Masing-masing seniman tari modern mengembangkan teknik, idealisme, dan kreativitasnya sendiri-sendiri. Kata ‘modern’ di sini bukan predikat melainkan suatu kategori aliran tari.
2.  Ragam Gerak Tari Modern
Ragam gerak tari mancanegara disesuaikan dengan para pendukungnya, sehingga ragam gerak yang muncul menjadi pembeda sosial budaya masyarakat negara tersebut.
1. Ciri khas gerak tari Modern
            Ragam gerak tari yang didukung oleh para pekerja atau buruh biasanya berirama cepat, dinamis, dan romantis karena dilakukan di tempat terbuka.Ragam gerak yang muncul adalah gerak saling merespons dan mengisi ruangan sehingga para penarinya berpasang-pasangan membentuk formasi melingkar, menyudut, dan berbanjar.
Ragam gerak yang muncul di kalangan para bangsawan berirama lembut mengalun sehingga muncullah gerak dengan garis lengkung dengan tumpuan jari yang kuat (balet).Kaum bangsawan pun mengembangkan gerak tari ballroom dance yang tetap bergaya lembut, romantis, dan saling memeluk berdekatan.
2. Ciri khas iringan, tata rias, dan tata busana tari Modern
            Bentuk musik pengiring tari mancanegara, biasanya berupa alat-alat tradisional khas negara tempat tarian itu lahir atau pun alat musik modern untuk jenis-jenis tarian yang lebih baru. Tata rias dan busananya pun disesuaikan dengan ciri khas negaranya masing-masing.

4   Peran Tari Modern

• Tari sebagai media pergaulan, artinya adalah bahwa kegiatan ini sebagai interaksi antarpencipta seni.
• Tari sebagai hiburan, pada dasarnya tari ini tidak bertujuan untuk ditonton, tetapi tarian ini untuk kepuasan penarinya. Keindahan tidak dipentingkan, melainkan lebih mementingkan untuk kepuasan individual, sehingga tampak bersifat spontanitas.
• Tari sebagai pertunjukkan (theatrical dance), tari jenis ini adalah tari yang disusun sengaja untuk dipertontonkan, maka dalam penyajiannya mengutamakan segi artistiknya, penggarapan koreografi yang baik serta tema dan tujuan jelas.
Tari sebagai pertunjukkan bila ditinjau dari penggarapannya dan kadar tontonannya ada dua macam, yaitu :
• concert dance,
• show dance, show dance biasanya dipentaskan dengan tujuan hanya sekedar untuk memeriahkan resepsi atau acara tertentu.



B. TOKOH – TOKOH PENARI DAN KOREOGRAFER TARI MODERN (DALAM    NEGERI DAN LUAR NEGERI)


1.  TOKOH – TOKOH PENARI DAN KOREOGRAFER TARI MODERN (LUAR NEGERI)

                Martha Graham
Martha Graham (lahir di Allegheny, Pennsylvania, 11 Mei1894 – meninggal di New York City, Amerika Serikat, 1 April1991 pada umur 96 tahun) adalah seorang penari dan koreografer untuk modern dance, yang pengaruhnya akan tari dapat dibandingkan dengan pengaruh Igor Stravinsky terhadap musik, Pablo Picasso akan seni rupa, atau Frank Lloyd Wright mengenai arsitektur.[1]
Martha Graham menciptakan gaya gerakan baru, dan digunakan untuk mengungkapkan hasrat, kemarahan dan kegembiraan selayaknya dialami manusia. Ia telah menari dan merancang tarian lebih dari tujuh puluh tahun, dan selama waktu itu ; ia merupakan penari pertama yang pernah melakukan pertunjukan di Gedung Putih, keliling dunia sebagai duta besar seni, dan menerima penghargaan tertinggi di Amerika Serikat yakni Presidential Medal of Freedom.
Sepanjang hidupnya, ia telah menerima berbagai penghargaan dari Kunci Kota (bahasa Inggris: Freedom of the City) untuk kota Paris hingga Order of Precious Crown dari kekaisaran Jepang.
Ø  Garry Stewart
Garry Stewart adalah direktur artistik Australian Dance Theatre.Ia menduduki posisi tersebut sejak tahun 1999 menggantikan Meryl Tankard direktur sebelumnya yang menjabat sejak 1993 ketika masih bernama Meryl Tankard Australian Dance Theatre. Stewart mulai berlatih menari tahun 1983 di Sydney City Ballet Academy sebelum melanjutkan belajar di Australian Ballet School antara 1984 dan 1985.

Stewart tertarik membuat koreografi sejak awal karir tarinya. Tahun 1985 ia mengkoreografikan Untitled untuk produksi Australian Ballet School dan tahun 1986 Zen Do Some Nothing untuk lokakarya koreografi Australian Dance Theatre. Sejak ditunjuk sebagai direktur artistik Australian Dance Theatre Stewart tak henti menciptakan karya-karya baru terutama karya-karya yang mengeksplorasi peran media-baru dalam pertunjukan tari. Atas usaha tersebut ia telah menerima penghargaan dari Australian Dance Awards untuk koreografinya yang sangat berhasil The Age of Unbeauty (2002) dan Honour Bound (2008).
Ø  Pina Bausch
Dengan nya koreografi Pina Bausch, lahir di Solingen pada tahun 1940, meninggal di Wuppertal pada tanggal 30 Juni 2009, telah memimpin tari dari bentuk-bentuk lama dan telah menciptakan sebuah istilah baru teater tari sebagai kepala Wuppertal Dance Theatre. Dari 1955-1958 ia menyelesaikan studi menari di Folkwangschule di Essen bawah direciton dari Kurt Jooss. 1959-1962 tari studi di Amerika Serikat, termasuk bekerja dengan Paul Taylor dan Antony Tudor. Atas permintaan dari Kurt Jooss ia kembali ke Jerman pada tahun 1962 dan menjadi seorang penari di Folkwang-Ballett bahwa ia baru saja didirikan. Koreografi pertamanya untuk Folkwang-Ballett diikuti pada tahun 1968: "Fragmen". Dari 1969-1973 dia adalah direktur artistik, koreografer dan penari di Folkwang Dance Studio (1971 "Aktionen für Tanzer", 1972 "Thannhäuser", "Bacchanal"). 1.980 pertama kerjasama dengan desainer set Peter Pabst. Dari tahun 1983 direktur artistik dari Studio Tari Folkwang. Dari 1983-1989 Pina Bausch diarahkan departemen tari di Universitas Folkwang di Essen. Pada tahun 1973 Pina Bausch diangkat arah Ballett der Wuppertaler Buhnen [Ballet Tahapan Wuppertal], sejak berganti nama Tanztheater Wuppertal [Wuppertal Dance Theatre], posisi dia menjabat sampai kematiannya. Dominique Mercy dan Robert Sturm, baik rekan-rekan yang sangat dekat Pina Bausch, mengambil alih arah artistik dari ansambel dari sekarang.
Ø  Urs Dietrich
Lahir1958 diVisp/Swiss,UrsDietrichmemperolehgelar di bidangTekstildan DesainKostum. Dari tahun 1981sampai 1985,ia belajartaridiHochschuleFolkwangdi Essen. Pada tahun 1986, ia melanjutkanstudinyadi NewYork. Sejak tahun 1988, ia telahbekerjasebagai penaridan koreograferfreelance. Diamenciptakanensemblebanyak danpotongantari solodisajikan sebagaitamuproduksidi Eropa, Asia, India, sertadi North-dan Amerika Selatan. Perdanaduniaso
lodiakuikarya-karyanya"Da warplötzlich...-Herzkammern" (1995) dan"An derGrenzedesTages" dipresentasikan padaHebbelTheater Berlin. Bersama denganSusanneLinke, ia diarahkan, dari 1994 sampai 1996,perusahaandariTanztheaterBremer. Kemudian iabekerja di sanaterutama sebagaikoreografertamu, dansejak tahun 2000menanganidirektur dariTanztheaterBremersaja. Dietrichtelah memenangkanbanyak penghargaan, antara lainKurt-Jooss-Preis dari KotaEssen(1985) danPrizeProduksiRhine-Westphalia (1990)http://www.goethe.de/bilder3/pixel.gif
Ø  SashaWaltz
SashaWaltzmempelajariTari danKoreografidi AmsterdamdanNewYork. Pada tahun 1993, ia mendirikanperusahaanSashaWaltz&tamu denganJochenSandigdi Berlin, danSophiensælepada tahun 1996.
Dari tahun 2000hingga 2005,baikmilikarahartistik dariSchaubuhneamLehninerPlatz. Sejak tahun 2006perusahaan telahberlatihdan memproduksidiRadialsystemV, Ruang untukSeni&Ideasdan bekerja dijaringan internasionalterus berkembangdarimitraproduksi dantur.

Repertoaraktifsaat initerdiridari18buahdari karyaawal seperti"Travelogue -Dua puluhsampai delapan" (1993) ke konserkoreografiterbaru"gefaltet" (2012) serta empatoperaproduksi.
Pengembanganbentuk-bentuk inovatifdarikinerja danpenciptaanmusictheatrekoreografitelah menjadifokus yang kuatdarikaryaSashaWaltz&tamu. SashaWaltztelah diberikanbanyak penghargaanuntukkaryanya, di antaranyamedalibudaya Perancis"Officier del'Ordre desArtsetdesLettres" dan yang terbaru adalahBundesverdienstkreuzamBandeRepublikFederal Jerman.
2.  TOKOH – TOKOH PENARI DAN KOREOGRAFER TARI MODERN (DALAM NEGERI)

Ø  Edy Mefri
Dalam perkembangan tari kontemporer Indonesia, Sumatera Barat cukup banyak menyumbangkan koreografer-koreografer ternama seperti Huriah Adam, Gusmiati Suid hingga Boi G. Sakti dan Hartati. Koreografer lainnya yang bisa diperhitungkan dari daerah tersebut adalah Ery Mefri. Dilahirkan di Saningbakar, Solok, Sumatera Barat pada 23 Juni 1958, Ery tumbuh dari keluarga seniman. Ayahnya, almarhum Jamin Manti Jo Sutan, adalah seorang penari tradisi.

Pada 1983 Ery membentuk kelompok tari Nan Jombang yang diambil dari nama koreografi pertamanya. Tak hanya dijadikan nama kelompok, karya tersebut juga menjadi cikal bakal pijakan karya-karya seterusnya yaitu koreografi yang tetap berpijak pada tradisi sebagai spiritnya. Alhasil, karya-karya Nan Jombang selalu tampak eksotis.Pasalnya, materi gerak dan struktur dramaturginya masih berpijak pada jenis-jenis kesenian tradisi di Sumatera Barat.Tema-tema karyanya juga berangkat dari situasi masyarakat Minang. Kebanyakan yang ia sorot adalah sisi perubahan dan hilangnya sejumlah kebiasaan tradisi masyarakat Minang yang merekatkan kekerabatan di antara mereka karena tertelan arus modernisasi. Ciri khas ini terbilang konsisten diangkat Ery di hampir sebagian besar karya-karyanya.Inilah yang menjadikan Ery dinilai mewakili wajah Sumatera Barat dalam perkembangan tari kontemporer di Indonesia.
Ø  Hartati
Dibesarkan di keluarga yang sebagian besar bekerja sebagai guru, ketertarikan Hartati pada dunia tari muncul ketika ia masih di bangku SD. Waktu itu ia melihat pertunjukan tari Akademi Seni Karawitan Indonesia (ASKI) Padang Panjang jurusan tari di kampungnya, Muara Labeuh di Sumatera Barat. Sejak itu, anak kedua dari tiga bersaudara ini memilih tari sebagai jalan hidupnya.Pendidikan tari sudah ditekuninya sejak bersekolah di Sekolah Menengah Karawitan Indonesia (SMKI) jurusan tari di Sumatera Barat.Di sekolah inilah wanita kelahiran 1968 ini makin menekuni tari Minang yang sudah dikenalnya sejak kecil. Setelah empat tahun di SMKI, Hartati meneruskan kuliah di bidang tari di Institut Kesenian Jakarta tempat ia belajar koreografi.

Sebagai koreografer dari Minang, Hartati dikenal memiliki ciri gerakan tradisi Minang seperti pencak silat dan randai yang diasahnya sewaktu bergabung dengan kelompok tari Gumarang Sakti pimpinan almarhum Gusmiati Suid.Di kelompok inilah, Hartati belajar banyak tentang idiom gerak, dasar koreografi dan keterlibatan tradisi sebagai kekuatan tari kontemporer Indonesia. Pergulatannya di kelompok ini menumbuhkan misi dan tujuan hidupnya yaitu sebagai koreografer tari wanita seperti para pendahulunya, Hoeriah Adam, Sofiani dan Gusmiati Suid, nama-nama koreografer wanita dari Minang yang menjadi pelopor dasar tari kontemporer di Indonesia.

Ø  Fitri Setyaningsih

Lahir pada tahun 1978, Fitri Setyaningsih tinggal dan bekerja di Yogyakarta sebagai artis penari, koreografer dan kinerja. Dia lulus dari Institut Seni Indonesia (STSI) Surakarta pada tahun 2003.

Setyaningsih telah terlibat dalam berbagai pertunjukan tari, baik sebagai penari, koreografer, dan sebagai direktur. Karya-karyanya terutama berkisar pengamatan fenomena sosial. Dalam beberapa tahun terakhir banyak karyanya telah meneliti batas antara pertunjukan dan seni teater dalam konteks seni rupa.

Ø  JeckoSiompo
JeckoSiompo, lahirdi Papuapada tahun 1975, belajar diInstitut Kesenian Jakarta(IKJ). Diamulaibekerja padakoreografisendiripada usia dinidan menciptakansejumlah karyasementara masihbelajardi institut, termasukGoda, BudiINI,IrianZoom In, AsmatDani, Obahorok, ButoHuruf, Unanuk, Tikus-Tikus, DiKAMARKost, Di DepanPapua danTerimaKost.
Sebagaiseorang penaridan koreografer, Siompotelah berpartisipasi dalampertemuantariinternasional di Indonesia, Malaysia, Singapura, Jepang, Jerman, Denmark, Australia, Amerika Serikat, Perancis, dan Taiwan.

Pada tahun 2007ia diundangke Bangkokdi Thailand, danFestivalTariKontemporerAsiadiOsakadan KonferensiTariAsia2007di Tokyo, Jepang. Jeckojugaanggotadewan juripada programtelevisi Indonesiayang populerLets Dance
.

2 komentar: